Kamis, 10 November 2016

Sejarah Singkat POS INDONESIA

Siapa yang tidak kenal dengan kantor Pos? orang indonesia pasti sudah kenal dengan kantor yang melayani pengiriman barang dan pembayaran tagihan. Saya sendiri sering memanfaatkan layanan kator pos mulai kirim paket keluar kota, kirim dokumen, dan menagmbil gaji di Western Union semua di kantor Pos. Karena memang sebelum saya lahir kantor pos sudah ada, semenjak sekolah SD sampai sekarang beranak 2 tetap masih setia mempercayainya.

Sejarah Singkat Pos Indonesia.

Cerita sedikit mengenai sejarah kantor Pos, Kantor Pos ini memang jasa pelayanan pengiriman yang paling tua, bayangkan saja pada tanggal 26 Agustus 1746 inilah ternyata kantor pos ini lahir dan berdiri tepatnya di Batavia (Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff, nah namanya juga aneh pasti orang Londo tuh...ya iyalah waktu itukan jaman penjajahan Belanda.

Lalu 4 tahun kemudian baru buka cabang di kota Semarang, singkat cerita  tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

Pelayanan kantor Pos saat ini sudah sangat luas meliputi sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar